Stories and Sh*t

Saturday, June 22, 2013

Aku cinta Indonesia

sumber gambar


Indonesia adalah negara yang luas. Penduduknya bermacam-macam suku dan budaya. Bahkan beberapa dari kita tidak lancar menggunakan bahasa Indonesia, dan lebih nyaman dengan bahasa daerah. Namun seperti apa yang telah menjadi janji kita sedari dulu adalah, bhinneka tunggal ika. Walaupun berbeda-beda, tapi tetap satu jua.

Namun jaman berlalu dan masyarakat berubah. Tak dapat kita pungkiri bahwa sejarah perlahan hanya menjadi goresan tinta diatas kertas usang. Semangat bersatu yang dulu kita jadiakan acuan untuk melawan para penjajah kini mulai luntur. Dan sedikit demi sedikit, perbedaan itu menjadi batas satu sama lain.
Inilah pentingnya bagi kita untuk membuka wawasan seluas-luasnya. Membuka jalan menuju pendidikan yang mencerdaskan. Mungkin saat ini kita tak melawan penjajah dalam bentuk nyata, maka kita perlu mengerti dan memahami. Mengapa kita semua harus tetap menjadi satu.


Sila pertama Pancasila, menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang meganut kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia bukanlah negara bebas atau apatis yang memikirkan diri sendiri. Karena pada dasarnya, semua Agama yang disahkan di Indonesia mengajak kepada kebaikan, perdamaian, dan cinta terhadap sesama manusia.

Sila kedua dan ketiga menegaskan bahwa Indonesia adalah negara persatuan dengan kemanusiaan yang adil dan beradab. Dengan banyaknya suku dan budaya, Indonesia menjadi negara yang harus mampu bersikap adil kepada semua lapisan masyarakat. Mampu menyatukan semua golongan ras, suku, budaya, dan agama. Atas satu nama yaitu INDONESIA.

Sila keempat mengajak masyarakat untuk berpandangan luas dan menampung pendapat-pendapat yang berbeda. Dengan mengedepankan permusyawaratan/perwakilan, diharapkan Indonesia menjadi negara yang mampu memandang sebuah permasalahan bukan hanya dari satu sisi saja. Hal ini penting, karna pada dasarnya manusia selalu memiliki pendapat sendiri-sendiri mengenai baik-buruknya sesuatu. Dengan musyawarah dan saling menyampaikan pendapat. Diharapkan kita pada akhirnya memiliki satu visi yang sama.

Sila keliama, adalah  keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal yang tentunya sudah kita dapatkan jika sila pertama hingga sila ke empat berjalan seperti seharusnya.
Kenapa kita mesti bersatu? Bukalah mata kalian. kita kuat, kita hebat, kita luar biasa, kita istimewa jika kita satu. Untuk mewujudkan itu semua, kita harusnya membuka pikiran secara luas. Tidak ada salahnya mendengarkan semua fakta. Pada akhirnya kita memang akan memiliki penilaian kita sendiri, tapi bukan berarti kita tidak mendengarkan yang lain. Namun sebelum itu, untuk menjaga kita tetap pada jalurnya. Kita harus memiliki dasar pemikiran yang kuat.

Jalannya mudah, pendidikan Pancasila sejak dini dan secara berulang-ulang. Jalan menuju keterbukaan satu sama lain adalah cinta. Dan untuk mencintai ribuan perbedaan tentu tak bisa terwujud dalam sehari-dua hari. Maka dari itu, sudah seharusnya kita memulai pendidikan pancasila itu. Dimulai dari diri kita sendiri.


Aku cinta Indonesia, dengan segala kemajemukan yang ada didalamnya.


Share:

0 comments:

Post a Comment

at least, tell me your name to respond your coments, thanks.

Powered by Blogger.