Stories and Sh*t

Tuesday, June 18, 2013

Pentingnya ber-organisasi saat kuliah

sumber gambar
Dulu pertama kali kuliah saya sempat mikir, buat apa organisasi? Apalagi yang minim peminat seperti organisasi eksternal kampus. Anggotanya yang aktif sedikit, realisasi programnya susah karena keterbatasan biaya dan sumber daya manusia. Endingnya bakal jadi ajang ngumpul-ngumpul dan sumber ilmu umum yang sudah terbiasa saya latih di sekolah dulu, belajar ngomong di depan umum. Well… kalau kalian berfikir akan hal yang sama. Coba deh… mikir lagi.

Mungkin kalian akan berfikir ini sulit. Saya lebih suka mendeskripsikannya dengan kata lain, yaitu… tidak mudah. Tapi disitulah poinnya, toh kita ingin mengambil keuntungan dari masuk sebuah organisasi bukan? Karena kita adalah organisasi mandiri, pelajaran yang bisa kita ambil tentu saja dari semua kesulitan dan tantangan yang akan kita alami. Masih mau yang mudah-mudah gitu? Mati aja.


Dalam organisasi ini kita benar-benar akan belajar sebuah kemandirian, jika saat sekolah kalian mempunyai osis yang semua kegiatannya didukung oleh sekolah dan peserta kegiatan diotomatiskan seluruh siswa, disini kalian mulai dari nol. Tidak akan ada yang menyuruh kalian membuat kegiatan, tidak akan ada yang marah jika kalian tidak ikut berpartisipasi dalam hal apapun, semuanya… ada di tangan kalian. maju mundurnya, baik buruknya, ada di tangan kalian. di tangan kita.

Dari sini kita akan belajar membuat yang tidak ada menjadi ada dengan gagasan kita sendiri. Disini kita akan menjadi penentu keberhasilan suatu rencana kerja  dengan kinerja kita sendiri, tidak ada guru, tidak ada big boss, we have only partners.

Yup. Kita akan belajar tentang tata cara bekerja sama. Koordinasi saat kita yang memegang kendali. Menghormati setiap pendapat karena ingat, tidak ada lagi guru yang berada ditengah perdebatan lucu semasa SMA. Kita akan mencari sumber dana tanpa memakai nama besar sekolah atau menggunakan fasilitas yang biasa kita dapat dengan mudahnya. Masih butuh tantangan? Ikut fear factor aja sekalian.

Oke mungkin sekarang kalian paham bahwa organisasi ini sebenarnya memiliki tantangan yang tinggi jika kita benar-benar menekuninya, tapi itu justru membuat kalian malas karena kalian harus kuliah dan mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk. Kenapa juga harus ikut kegiatan-kegiatan yang tidak ada pengaruhnya sama nilai. 

Karena… ini penting! Bukan hanya karena gengsi akan eksistensi keberadaan organisasi eksternal yang bersaing satu sama lain, tapi juga penting untuk kalian. kalian kuliah untuk kerja bukan? Kalian kerja mau jadi bawahan terus? Kalau jadi atasan yang memberi perintah bukannya menerima perintah. Kalian harus kreatif… kalian harus memiliki visi dan program kerja kedepan. Kalian harus memastikan program kerjanya berjalan, dan disinilah kalian belajar memulai itu semua.


secara tidak langsung, kita sudah mulai bekerja.
Share:

0 comments:

Post a Comment

at least, tell me your name to respond your coments, thanks.

Powered by Blogger.