Stories and Sh*t

Monday, July 22, 2013

trik-trik menggaet fans ala JKT48


Hare gene nggak tau JKT48? Beh….
Sebelumnya harus saya akui bahwa saya bukan bagian dari fans atau haters JKT48, jadi saya nggak ngerti-ngerti banget tentang group vocal yang menyebut dirinya group idol ini. Saya cuma seorang awam yang teman samping kanan-kirinya banyak yang ngefans atau malah (maaf) jijik sama mereka. Jadi, artikel ini dibuat dengan opini personal tanpa bermaksud membaik-baikan atau malah menjelek-jelekan JKT48.
Oke, jadi… JKT48 ini adalah sister group AKB48 pertama yang berada di luar Jepang. Selain JKT48, mereka punya banyak sister group di Jepang yang dinamai 48 family. Anggota dari idol group (JKT48) ini sekarang totalnya sekitar 51 orang, kebayang kan repotnya management mereka menyiapkan trik-trik khusus buat “ngasi penghasilan” artis sebanyak itu. nah… beberapa trik-triknya inilah yang bakal kita bahas, diantaranya….
Idola yang bisa kalian jumpai setiap hari

Ini adalah konsep yang memang sudah sejak awal diterapkan oleh produser mereka Yasushi Akimoto untuk group idol besutannya baik di Jepang atau JKT48 yang berada di Jakarta. JKT48 akan mengadakan event yang diselenggarakan hampir setiap hari di teater mereka, lantai 4 mal fx Sudirman, Jakarta. Dengan begitu, fans JKT48 akan mudah bertemu dengan idolanya bahkan setiap hari jika mereka mau. Asik kan? Kalo nggak mikirin kantong kalian yang bakalan kering sih…
Perbanyakan anggota
Kata emak-emak jaman dulu, banyak anak banyak rezeki. Mungkin dari situ tuh, management JKT48 juga terus menambah anggota groupnya. Dengan demikian, hal ini memungkinkan JKT48 konser di lebih dari satu tempat secara bersamaan. Tentu saja dengana nggota yang berbeda yang sama-sama bisa kalian panggil JKT48. Ini juga menjadi bagian penting buat merotasi jatah kerja mereka di teater yang hampir setiap hari mengadakan event. Kaya kesebelasan bola gitu pake rotasi.
Ragam anggota
Dari esempe, sampe kuliahan ada. Mungkin maksudnya mereka mau memperlebar sayap juga agar berdampak sama pada fans mereka. Dengan ragam anggota tersebut, membuat kita mempunyai idola sendiri dalam anggota JKT48 sesuai dengan usia masing-masing. Mereka juga akan terus mencari generasi-generasi selanjutnya dari JKT48 (penambahan nggota) yang tentu saja akan menambah fans generasi-generasi selanjutnya juga. Ilustrasinya, kalo kalian ngefans nih, ntar biar adik kalian, anak kalian, cucu kalian juga ikutan ngefans sama JKT48.
Event-event anti mainstream
Jadi mereka ini suka ngadain event yang nggak mainstream gitu. Salah duanya nih ya, direct selling sama handshake event. Direct selling sih oke, dengan begitu kalian bakal beli sebuah karya dari artisnya langsung. Jadi kalian pasti toleran kalo harga yang ditawarkan agak nggak masuk akal. nah handshake event ini yang agak gimanaa gitu. Buat kalian yang mungkin nggak tau, handshake itu artinya salaman. Iya “salaman”.
Lirik lagu
“karena ku suka, suka dirimu. Ku akan selalu berada disini, walau di dalam keramaian tak apa tak kau sadari.” Selayaknya seorang penggemar, fans JKT48 pasti suka menyanyikan lagu-lagu JKT48. Nah… coba deh perhatikan lirik salah satu lagu JKT48 diatas, secara sengaja atau tidak kalau kalian menyanyikan lagu itu, kalian itu mensugesti diri sendiri untuk terus menyukai JKT48 no matter what…
Pendekatan ‘yang sepertinya’ personal pada fans
 Lewat akun sosial masing-masing, anggota JKT48 sering sekali berinteraksi dengan penggemarnya. Entah ini masuk didalam scenario management atau tidak… sejauh ini mereka sukses. Jika kalian memfollow salah satu akun twitter anggota JKT48, kalian pasti akan menjumpai mereka yang sering menanggapi mention fans, tanpa mention balik. hal itu pastilah membuat masing-masing fans berujar dalam hati, ‘twit itu khusus buat saya’. Metode ini saya sebut, membagi harapan sama rata. Hahahah
Menjaga harapan fans
80% penggemar JKT48 adalah laki-laki. Packaging JKT48 memang lebih cocok untuk laki-laki. nah makannya… anggota JKT48 ini dilarang untuk punya pacar. Jadi kalian-kalian yang mimpi buat jadi pacar mereka itu harapannya masih terjaga. No offense really.
Segitu aja lah ya… metode-metode lain yang mereka gunakan kebanyakan sama kaya group vocal lain soalnya. Seperti yang saya bilang diawal, saya bukan fans atau haters… tapi nggak ada salahnya mengungkapkan fakta-fakta kan. Suka-tidak sukanya kalian tentukan sendiri.
tapi pada intinya gini, kita harus mengerti sesuatu sebelum kita memutuskan untuk suka atau tidak. Seperti halnya hal-hal yang saya sebutkan diatas, yang semuanya adalah hasil set orang-orang yang bekerja dibalik nama JKT48. Well.. saya saranin kalau ngefans ya slaw aja, jangan ngebet-ngebet banget. Buat kalian yang terlalu ngefans perlu baca the show.
Mereka para anggota JKT48 itu juga manusia yang sama seperti kita, makan nasi. Mereka juga sekolah, belajar, dan siapa yang tau mereka baik atau tidak. Saya harap kalian punya alasan tepat untuk menjadi fans mereka, bukan Cuma mentengin packaging seksinya. Buat haters… benci boleh, itusih terserah kalian. Bagusnya emang nggak usah di keliatanin banget tapi, itu malah membuat kalian terlihat iri dengan pencapaian mereka. Atau nunjukin kalau sebenarnya kalian itu fans berat yang udah kena PHP. Hahaha

That’s all guys, fans? Haters? Stay cool.
Share:

0 comments:

Post a Comment

at least, tell me your name to respond your coments, thanks.

Powered by Blogger.

Contributors

Blog Archive