Stories and Sh*t

Thursday, January 16, 2014

lil tips biar nggak sesat jadi mahasiswa

Saturday night! And I’m still in the middle of the jungle. Hahaha I can’t believe I’m writing this. Mengingat kalau posting ini pasti diupload bersamaan dengan posting tahun baru sebelum ini, so what the fuck am I doing?
Anyway… sekarang saya sudah memasuki semester enam dan tentu saja sudah cukup senior dan berpengalaman dalam menyelami dunia perkuliahan. Walaupun ada banyak bumbu kekagagalan di dalamnya. Yes, let’s just say that I’m not succeed, fail… but that’s why I learn why the hell is this thing happen. Shit. So guys… kali ini saya bakal ngebagi tips buat kalian yang baru masuk semester-semester awal, biar nggak tersesat di jalan saya sekarang. Here they are…
Saya tau, problem pertama yang sering kita hadapi saat perkuliahan dimulai adalah, masuk ke jurusan yang salah. Well that suck. Kalo kalian mengalami hal ini, ada dua option yang salah satunya harus kalian lakukan.

Pertama, segera ambil ancang-ancang buat pergi. Kalian sudah gagal sekali, jika kalian merasa nggak mungkin sukses di jurusan kalian saat ini, segera persiapkan diri kalian untuk pindah. Kalian masih punya waktu beberapa bulan untuk gabung instansi lain, atau satu tahun jika masuk pada tahun berikutnya. Kali ini, pikirkan matang-matang, dan tentu saja persiapkan dengan sebenar-benarnya. Jangan sampai kalian nggak dapet dua-duanya.
Option ke dua, jika kalian nggak punya kesempatan untuk pindah, jangan kebanyakan mikir. Cepet belajar untuk menyukai apapun bidang kalian saat ini. semakin lambat kalian start serius, semakin lama lulus, semakin benci kalian dengan bidang kalian sendiri. Semakin gagal pula kalian nantinya.
Problem selanjutnya, ketidak jelasan nilai. Sabar aja sob, semester awal emang kadang  buat kita bingung sama nilai-nilai yang nggak jelas. Tapi tenang, bisa diatasi. Gini loh… dosen itu emang sifatnya beda-beda. Percaya nggak percaya, cara mereka menilai itu udah bisa ketebak asal kalian mau mempelajarinya. Nah disinilah pentingnya kalian mengenali sifat dosen tersebut sebelum mengambil mata kuliah dia. Caranya? Makanya, punya kakak tingkat jangan Cuma dipake buat tempat nundukin kepala. Banyak-banyak Tanya soal sifat dosen, dll. Okeh…
Oh ya, dosen itu juga manusia loh, dari pengamatan saya… mereka kadang menilai mahasiswa berdasarkan nama mereka. Misal kalian langganan dapet nialai D nih, sedangkan temen kalian langganan dapet nilai A. walau usaha kalian sama, ternyata nilai yang keluar selanjutnya adalah kalian dapet nilai C, sedang temen kalian dapet nilai B. itu terjadi karena dia biasanya dapet nialai A. jadi, wajib buat kalian ngebut dan mati-matian ngejar nilai mulai dari awal. Kalo mulai pertengahan kendor dikit mah biasa.
Yang terakhir yang bisa saya share adalah, kalian harus mempunyai motivasi dan tujuan. Apa yang membuat kalian berada di tempat kalian saat ini, mengapa? Ini saya maksudkan untuk para pencari kerja dan ilmu. Beberapa diantara kita beralasan bahwa sekolah bukan untuk nilai, tapi ilmu. Oke.. tapi pas atau tidak jika dilakukan ditempat itu? jangan sampai alasan tidak mencari nilai menjadikan kalian malas kuliah dan sibuk dengan hal lain. Dalam sistem perkuliahan, IPK memang bukan cerminan dari kepandaian sesorang, saya akui itu. tapi itu merupakan cerminan dari kerja keras orang tersebut. Nggak ada orang beruntung yang IPKnya 3,8 boss… nggak ada juga orang yang Cuma pintar saja IPKnya sampai segitu. Tapi pekerja keras… saya jamin banyak. Intinya, jangan ngeles masalah IPK, kalian kuliah emang buat itu. ya udah.. kejar dan gedein IPK kalian pake jalan yang bener.

Udah sekian itu aja… mudah-mudahan berguna dan bisa kalian terima. Kalo kalian emang mau sih.. kalo nggak, hayoo jalan bareng aja… nyesaat… hahaha
Share:

0 comments:

Post a Comment

at least, tell me your name to respond your coments, thanks.

Powered by Blogger.