Stories and Sh*t

Monday, July 14, 2014

overheat dan pasta termal

            Laptop sering dipake buat main game? Atau buka aplikasi-aplikasi yang berat? Udah bertahun-tahun gak papa tapi tiba-tiba sekarang suka macet. Macetnya nggak bisa diatasi pake  alt + ctrl + delete lagi, lebih parahnya malah sering mati sendiri tanpa sebab. Ujung-ujungnya laptop/pc kamu cuma bisa dipake sebentar, dan itupun buat ngelakuin hal-hal standar kaya ngetik dan nonton film. Bahkan dipake internetan-pun nggak tahan lama. Tapi dari softwarenya nggak papa... dikipasin juga nggak banyak membantu. Mungkin ini ni penyebabnya.

            Mahasiswa bidikmisi angkatan 2011 Universitas Sriwijaya masing-masing memiliki satu laptop merk lenovo tipe Z360. Mereka ( termasuk saya) mendapatkan laptop ini dari hasil pengaturan keuangan yang dilakukan pihak rektorat terhadap proses pencairan beasiswa yang diberikan dikti kepada mahasiswa bidik misi. Walaupun sekarang pembahasan dana beasiswa itu lagi agak kontrofersial, tapi kita bukan mau bahas yang itu.

            Nah laptop yang didapat mahasiswa ini memiliki spek yang lumayan buat main game-game yang cukup berat kaya call of duty black ops 2, battlefield, skyrim, max payne 3, NBA 2k, dan tentunya pro evolution soccer. Sayangnya laptop lenovo ini memiliki masalah yang cukup serius, yaitu gampang panas.

            Sebenarnya masalah ini sangat mudah diatasi kalau kita mau rajin-rajin browsing cara perawatannya. Tapi yang jadi kendala biasanya kita nggak ngerti keywordnya. Kalo yang namanya suka kepanasan terus mati sendiri itu overheat. Saya tadinya juga gitu, ke MDP (Palembang) masa dibilang biayanya bisa sampe satu juta-an. Gila.

            Nah buat teman-teman, khususnya seperjuangan bidik misi 2011 Unsri... saya kasih tutorial cara mengatasi masalahnya, jika teman-teman memiliki masalah yang sama. Yaitu overheat dan suka mati sendiri. Biasanya sih masalahnya Cuma 2, yaitu kipas kotor dan pasta termal yang sudah kering. Langkah, langkah yang perlu kalian lakukan adalah:


1.      Beli sebuah pasta termal (thermal paste), harga model suntik begini berkisar 5-10 ribu.


2.      Siapkan laptop kalian, obeng (+) kecil , dan satu buah pasta termal.


3.      Lepas battery, menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

4.      Buka bagian belakang laptop, bagian yang ada kipasnya... total ada 3 baut.

5.      Buka baut yang mengunci kipas dan saluran panas prosesor + gpu, total ada 6 baut, urutin aja sesuai nomor yang ada disitu.



6.      Buka kabel saluran kipas, caranya digoyang-goyang pelan sambil ditarik.


7.      Angkat kipas pelan-pelan, bila dibuka untuk yang pertama kali pasti masih agak lengket, makanya congkel pelan-pelan pake obeng bisa, jangan sampe ngerusak komponen lain.




8.      Setelah dibuka kalian akan melihat 3 chip yang belepotan bedak kering, itulah pasta termal yang minta di poles lagi.


9.      Polesin pasta termal secukupnya, diratain pake tangan juga nggak papa.






10.  Jangan lupa kipasnya dibersihin juga, buka aja baut kecil yang ada disitu, ada 3 baut, bersihin sampe tuntas.




11.  Pasang kembali semua komponen seperti semula. Laptop kembali sehat siap pakai.







Cling-cling-cling... selamat menggunakan laptop anda kembali.
Share:

6 comments:

  1. wah dari unsri ya? aku juga anak unsri kok :D
    salam kenal ^^

    ReplyDelete
  2. okee terimaksih gan sama anak BM juga

    ReplyDelete
  3. gan mau tanya agan kan pernah bongkar lenovo Z360 antara dc power jack dengan motherboard dipisah atau nyambung ya? soalny laptop saya bagian dc power jackny kendor. jdi hr ditekan pas mau charge. klo dipisah kn gak mesti ganti MB sgala buat bnerin dc power jackny. mohon pencerahanny.. atau agan pernah dpt masalh begini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nope, never got that problem and... sorry I dont really pay attention on that. alias kaga tau. lol.. maap yak... tapi kalo mau beli motherboard nganggur lenovo (z360) tanpa hardisk tanpa ram ada noh... 300 aja. charge lancar damai tanpa masalah. kali aja wkwkwk

      Delete

at least, tell me your name to respond your coments, thanks.

Powered by Blogger.

Contributors