Stories and Sh*t

Sunday, July 2, 2017

BITCOIN

BITCOIN?

Pernah denger bitcoin? Atau jangan-jangan sudah punya ? tau nggak sih bitcoin itu apa, dan bagaimana cara menghasilkan uang dengan bitcoin?

Mari kita mulai dengan menerangkan apa itu bitcoin. Sederhananya, Bitcoin adalah mata uang elektronik atau yang biasa disebut dengan cryptocurrency. Diciptakan oleh seseorang/kelompok programmer dibawah nama Satoshi Nakamoto (masih menjadi misteri siapa sorang/kelompok programmer ini). Sebagai mata uang, bitcoin memiliki nilai tukar terhadap mata uang lainnya dan dapat digunakan dalam transaksi jual beli, saat ini… nilai tukar bitcoin adalah yang terbesar di dunia. 1 btc (bitcoin) =  $ 2,430 USD = IDR 35.756.987,- (terus berubah karna nilai bitcoin sangan fluktuatif).

Namun, ada perbedaan mendasar antara bitcoin dan mata uang lainnya. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain:

·         Bitcoin tidak memiliki bentuk nyata. Karena bitcoin merupakan mata uang elektronik yang hanya ada nilainya, tanpa wujud yang dapat kita pegang.
·         Bitcoin tidak di kendalikan oleh bank dan/atau Negara manapun. Keberadaan bitcoin sangatlah luas dan bebas digunakan untuk bertransaksi secara global. Kita bisa mengirimkan uang ke luar negri dengan jumlah yang sangat banyak atau sedikit tanpa mencemaskan biaya transfer/pajak.
·         Transaksi peer to peer computer. System ini memungkinkan setiap pemakai bitcoin yang melakukan transaksi untuk tetap terjaga identitasnya. Sangat aman. Pernah dengar virus wannacry yang sempat heboh? Karena itulah hacker penebar virus hanya meminta tebusan dalam bentuk bitcoin.
·         Fluktuatif. Dikarenakan bitcoin tidak di kendalikan oleh bank/Negara, harga bitcoin sangatlah fluktuatif, mudah naik dan mudah turun. Nilai bitcoin hanya dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Hal inilah yang menjadi daya tarik para trader.
·         Tidak akan pernah inflasi. Nilai maksimal bitcoin sudah di tentukan, yaitu sebanyak 21 juta bitcoin. Jadi tidak akan pernah mengalami inflasi. Hal ini pula yang membuat nilai bitcoin terus naik di banding mata uang lain, karna jumlahnya yang memang sangat terbatas.

Beberapa poin diatas merupakan sedikit perbedaan bitcoin dan mata uang lain. Bitcoin memang di ciptakan oleh mereka yang bosan dan muak dengan permainan Negara dan bank tentang ekonomi di Dunia. Katanya. Maka dari itu, bitcoin merupakan planning jangka panjang yang dianggap bisa mengatasi kesenjangan ekonomi tanpa harus menguntungkan pihak ketiga  seperti Bank.
Saat ini, sangat sulit menjelaskan bitcoin sebagai mata uang elektronik yang aman di gunakan bahkan jauh lebih menguntungkan di banding mata uang lain, karena bitcoin lahir pada tahun 2009. Hal ini sama saja dengan menjelaskan apa itu internet di tahun 1977. Padahal, penghambat tumbuh berkembangnya penggunaan bitcoin saat ini adalah penggunanya yang masih sedikit. Karena pengguna bitcoin sedikit, maka nilai bitcoin relatif tidak stabil karena pasar masih bisa di pengaruhi oleh transaksi-transaksi kecil. Keuntungan menggunakan bitcoin saat ini? Tentu juga masih sedikit, sama saja punya facebook dengan 1 teman. Tapi toh… sekarang semua orang punya facebook.

CARA MENDAPAT UANG DENGAN BITCOIN?


Gambar di atas merupakan grafik nilai pertukaran bitcoin sajak tahun 2016. Kadang naik kadang turun. Tapi scara garis besar nilainya terus naik. Hal ini yang membuat proses trading menjadi sangat mudah dibandingkan jika harus melakukan trading di forex. Misal kita membeli bitcoin pada agustus 2016 sebanyak 1 bitcoin. Saat itu harganya hanya IDR 8.000.000,-. Sekarang, walau tanpa melakukan trading pun… kita sudah mendapat keuntungan sebesar IDR 27.000.000,- karena harga bitcoin yang meningkat pesat. Maka dari itu, tanpa harus mengandalkan kemampuan trading professional, seorang pemula pun mampu meraup keuntungan di pasar saham bitcoin.

Trading
seperti yang telah di jelaskan di atas… proses trading sangat mudah, setidaknya mudah di mengerti. Factor yang mempengaruhi naik turunnya bitcoin pun tidaklah banyak, hanya permintaan dan penawaran. Jadi untuk trading yang perlu diperhitungkan adalah volume transaksi, dan biaya marjinal.
Ada banyak pilihan alternative coin jika pasar bitcoin di rasa terlalu besar. Maksudnya adalah jenis uang elektronik yang lain yang nilainya tidak sebesar bitcoin. Seperti etherium dan litecoin. Beli alternative coin mana saja yg harganya sedang turun, lalu jual saat naik, beli coin lain yg nilainya turun lagi. Seperti itu terus menerus.

Investasi
HYIP atau High Yield Invesment Program . program investasi dengan keuntungan sangat besar dan hampir tidak masuk akal adalah salah satu cara cepat melipatgandakan bitcoin anda. high risk. Berani untung cepat juga harus berani rugi cepat. Berinvestasi dengan bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan hingga 100% setiap bulan, bahkan bisa hitungan minggu. Tapi resiko juga berbanding lurus, ada banyak sekali hal yang perlu di pahami sebelum bergabung dengan bisnis ini. Masalah ketepatan memilih tempat berinvestasi, orang terpercaya di balik bisnis tersebut, dan waktu yang tepat untuk melakukan deposit menjadi hal utama.

Mining
Mining sesuanggunya bukan untuk orang awam. Tapi, orang biasa juga bisa melakukan mining bitcoin secara manual dengan hanya melihat iklan dan mendownload aplikasi automatic miners. Tidak membutuhkan modal, hasilnya juga sangat sedikit. Kalo tidak saying waktu yang tidak apa-apa.

Want to know more? email me: bocupramadhan@gmail.com

Article by: Wahyu Ramadhan
Source:  WIKIPEDIA , BITCOIN INDONESIA, BITCOINORG, KOMPASIANA,

Share:

0 comments:

Post a Comment

at least, tell me your name to respond your coments, thanks.

Powered by Blogger.

Contributors